Sabtu, 12 Juli 2008

Rangkuman Materi CBIS chapter IX

PART IV
MANAGEMENT INFORMATION SYSTEM
Chapter 9
An Overview of MIS


Model SIM
1. Physical model
a. Iconic (real scale model)
b. Analog (chart, graphic, blueprints)
2. Symbolic model
a. Verbal (job description, procedure manual)
b. Mathematical (mathematical process, linear programming, linear regression)

Dimensi Model SIM
1. Pengolahan Dimensi
Proses transaksi dapat didasarkan pada file yang berorientasikan aplikasi, yaitu database, dalam rangka berfungsi dalam lingkungan CBIS dan untuk mendukung kebutuhan informasi manajemen modern, pengolahan dalam model SIM menggunakan komponen database yang ditunjukkan di dalam gambar di bawah ini.


Aplikasi Dasar
Aplikasi SIM yang paling umum meliputi pembuatan laporan dan dukungan organisasi yang tersusun.

Pemrosesan SIM
Banyak proses yang digunakan dalam TPS - penyimpanan, pencarian, penggolongan, penyortiran, dan pembaharuan - digunakan dalam SIM dengan baik. Tetapi SIM juga menggunakan proses tambahan seperti kalkulasi, ikhtisar/kesimpulan, dan komunikasi.

2. Keputusan Manajemen
Aktivitas Managerial

a. Kendali operasional
Kendali operasional berorientasi pada tugas. Kendali operasional memastikan bahwa pekerjaan akan dilakukan menurut standard yang diterima mengenai sumber daya pemanfaatan dan mutu.
b. Manajemen pengendalian
Manajemen pengendalian berorientasi pada sumber daya. Manajer pada tingkatan ini mengendalikan apa yang didapatnya dan penggunaan sumber daya dasar - materials, tenaga kerja, waktu, dan uang – yang dibutuhkan untuk menyelesaikan tugas operasional.
c. Perencanaan strategis
Untuk aktivitas manajemen yang terakhir, kita harus membuat suatu perubahan yang sulit dipisahkan dari kendali ke perencanaan.

Karakteristik Informasi
a. Keputusan
b. Data
c. Pemakaian

Dimensi Fungsional
Perancangan subsistem fungsional sedikit banyak bervariasi dari organisasi ke organisasi. Sekarang, kita akan mengasumsikan empat fungsi yang telah dikenalkan - produksi, pemasaran, personil dan keuangan.

Suatu Pandangan Tiga Dimensi
Keuntungan pandangan tiga-dimensi adalah sering mengungkapkan hubungan yang tidak mungkin nyata dalam pandangan individu.

Tidak ada komentar: